Rabu, 05 Oktober 2016

8 Cara merawat rambut dengan melakukan teknik catok yang aman

8 Cara merawat rambut dengan melakukan teknik catok yang aman

Catok rambut biasaya dilakukan oleh sebagian kaum perempuan yang ingin tampil maksimal dengan gaya rambut yang lurus. Jangan heran jika melihat seseorang yang awalnya mempunyai rambut yang keriting tiba-tiba tampil dengan rambut lurus tanpa memakai wek atau rambut palsu. Masayarakat umum menyebutnya dengan sebutan catok atau teknik pelurusan rambut dengan menggunakan alat khusus . Namun apakah alat ini aman atau tidak nah itu yang harus patut kita pertanyakan.

Catok sudah menjadi kebutuhan khusus bagi sebagian kaum perempuan . Hanya dengan alat catok ini, mereka  bisa memiliki bentuk rambut yang di inginkan dengan cara yang instan. Namun , seringkali rambut malah menjadi kering dan pecah-pecah. Yang lebih parahnya lambat laun rambutpun terlihat rusak dan tidak seindah yang diharapkan.

Kasus seperti ini banyak ditemukan diberbagai daerah , bahkan rumpi salonpun banyak mendapat masukan dari berbagai clientnya. Dan mereak banyak yang mempertanyakan akan kondisi seperti ini. Sebenernya cara seperti apa sih yang bagus dan aman untuk catok rambut itu?

Cara yang bagus dan aman catok rambut sebagai berikut;

1. Pemakian  Krim untuk Menutrisi Rambut

Sebelum ada melakukan teknik catok alangkah baiknya ada menggunakan krim khusus untuk menutrisi rambut setelah itu baru keringkan dengan hair dryer. Dan rambutpun siap untuk dicatok. Pemakian krim sebelum mencatok rambut sangat dianjurkan karena dengan menggunakan krim tersebut maka hasil yang diberikan akan lebih bertahan lama dan terlihat cantik mempesona serta berkilau.

2. Coba Perhatikan Suhu Alat Catok

Suhu alat catok rambut sangatlah berpengaruh pada kesehatan rambut. Semakin tinggi suhunya maka semakin panas pula rambut kita dan tentunya rambut mudah rapuh dan kering. Yang berkahibat akan timbul kerontokan. Maka dari itu coba perhatikan suhunya jangan terlalu panas sesuaikan kebutuhan anda saja.

8 Cara merawat rambut dengan melakukan teknik catok yang aman

3. Dilarang  Mencatok Rambut dalam Kondisi Basah

Untuk hasil yang maksimal sebelum mencatok biasanya para kaum perempuan mencuci rambutnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan biar rambut dalam keadaan bersih. Namun ini akan berbahanya jika dalam keadaan basah rambut anda langsung dicatok. Dan biasanya jika dalam keadaan basah dalam proses pencatokan rambut akan keluar bau yang tidak sedap seperti terbakar. Dan lebih banyanya lagi jika mesin catok anda tidak streil atau ada gangguan dalam kabelnya ya bisa terjadi konsleting bukan karena adanya hantaran air rambut tadi. Maka dari itu usahakan keringkan dulu atau angin-anginkan biar kering.

4. Menggunakan  Sisir Khusus

Sebaiknya saat mencatok kamu menggunakan sisir dengan ujung yang runcing. Sisir ini berguna untuk mengambil bagian rambut sedikit demi sedikit. Sehingga rambut kamu akan tercatok secara merata.

5. Usahakan cukup sekali atau satu arah saja

Untuk mencatok rambut yang lebih aman sebaiknya anda mencatok rambut hanya dengan sekali tarikan saja, dan  usahakan untuk mencatok dari pangkal hingga ujung rambut dalam satu tarikan saja. Proses mengulang saat pencatokan pada rambut ditempat yang sama dapat merusak kutikula rambut. Dan bisa menimbulkan rambut kering mudah rontok atau mati.

6. Lakukan sedikit demi sedikit

Sebainya saat mencatok anda lakukan dengan proses sedikit demi sedikit, dan bagi bilahan rambut anda  menjadi beberapa bagian dengan pencepit rambut bisa menjadi 4 sampai 6 bagian. Mencatok rambut dengan sedikit demi sedikit akan memberikan hasil yang lebih maksimal dari pada mencatok rambut dalam jumlah yang banyak sekaligus. Dan dirasa aman untuk dilakukan

7. Pilih alat catok yang terbuat dari keramik

Penggunaan  dan pemilihan alat catok juga berpengaruh pada hasil. Usahakan gunakan alat catok yang mengahasilkan panas yang konstan dan merata pada rambut. Dan biasanya lepengan catok terbuat dari keramik karena sifat keramik yang relatif konstan dan stabil ini bagus untuk rambut supaya lebih cepat lurus

8. Jeda waktu pencatokan

Jika rambut anda tergolong rambut yang dengan kultur yang tipis maka sebaiknya catok rambut anda sekira 2 sampai 3 sekali saja. Jangan lakukan tiap hari. Hal ini bisa membuat rambut anda akan kering dan kepanasa yang berakibat rambut cepet rusak.

Dan perlu untuk diingat rambut juga memerlukan perhatian khusus jangan cuma mencatok rambut saja untuk mendapatkan hasil yang insatan.Namun sesekali anda perlu melakukan perawatan khusus rambut dengan alami biar rambut menjadi lurus merawat rambut lurus dengan cara alami ini, terbilang lebih aman dalam jangka panjang. Selain minim efek samping juga mudah dilakukan.

Jangan terlalu fokus pada hasil namuan malas untuk merawat rambut anda. Perbanyak pemberian nutrisi rambut biar rambut anda subur dan indah berkilau.
Sekarang anda sudah tahu bukan cara yang benar untuk catok rambut anda. Mulai besok segera praktekannya dan jangan asal atau sembarangan dalam teknik pencatokan rambut anda. Sebelum ada menyesal dikemudian hari. Selamat mencoba.

Judul :8 Cara merawat rambut dengan melakukan teknik catok yang aman
Link :8 Cara merawat rambut dengan melakukan teknik catok yang aman

Artikel terkait yang sama:


8 Cara merawat rambut dengan melakukan teknik catok yang aman

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Cara merawat rambut dengan melakukan teknik catok yang aman

0 komentar:

Posting Komentar